JARINGAN KOMPUTER DAN PERANGKATNYA

Senin, 07 Februari 2011

Share this history on :

Sebelum membahas mengenai macam-macam jaringan komputer, marilah terlebih dahulu kita simak uraian berikut.

Mengapa kita dapat mengakses informasi melalui internet? Pada dasarnya, internet merupakan salah satu jenis jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan sistem yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer sehingga memungkinkan para pengguna komputer tersebut dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti:

* Bertukar file atau data.
* Membuka file dan menjalankan program-program yang terdapat pada komputer lainnya.
* Menggunakan printer atau perangkat lain yang terhubung ke jaringan.

Jaringan komputer terdiri dari beberapa macam, yaitu LAN, MAN, WAN, dan internet. Apa perbedaan dari masing-masing jaringan komputer tersebut?

* LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer-komputer pribadi (PC) dan beberapa periferal lainnya yang dihubungkan dengan kabel jaringan yang memungkinkan penggunaan sumber daya (misalnya printer, memori, dan hardisk) secara bersama. Komputer-komputer dalam sistem jaringan LAN dapat terpisah hingga beberapa kilometer dan biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer di suatu sekolah, kampus, laboratorium, warnet, toko, kantor, atau lingkungan tertentu.
* MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang pada dasarnya hampir sama dengan LAN, tetapi jangkauannya lebih luas, yaitu dapat mencapai jarak sekitar 15 km. Sistem jaringan MAN biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan telepon lokal, telepon seluler, dan relay beberapa penyedia jasa layanan internet (ISP = Internet Service Provider).
* WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mempunyai jangkauan sangat luas, dan digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer antarkota, antarnegara dan bahkan antarbenua.
* Internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia melalui satelit atau jaringan telepon yang memungkinkan para penggunanya dapat saling berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Berdasarkan media pengiriman atau transmisi data yang digunakannya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:

* Jaringan berkabel (wired network), yaitu jaringan komputer yang media transmisinya berupa kabel penghantar. Pada jaringan jenis ini, pengiriman data dari satu komputer ke komputer lainnya dilakukan melalui kabel penghantar tersebut dalam bentuk sinyal-sinyal listrik.
* Jaringan tanpa kabel (wireless network), yaitu jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel. Pengiriman data pada jaringan jenis ini dilakukan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

Pada dasarnya, suatu jaringan komputer terdiri dari tiga komponen utama, yaitu perangkat lunak aplikasi (application software), perangkat lunak jaringan (network software), dan perangkat keras jaringan (network hardware).

* Perangkat lunak aplikasi terdiri dari program komputer yang terhubung ke para pengguna jaringan dan mengizinkan penggunaan informasi secara bersama (sharing of information). Adapun beberapa jenis perangkat lunak aplikasi yang umum digunakan adalah program client-server dan peer-to-peer. Untuk jenis client-server, komputer yang bertindak sebagai server bertugas untuk mengatur data dan aplikasi dalam jaringan, sedangkan komputer-komputer yang bertindak sebagai server dapat menggunakan data atau aplikasi dalam jaringan setelah mengajukan permintaan terlebih dahulu kepada komputer server. Sementara itu, untuk jenis peer-to-peer, setiap komputer dapat mengirimkan pesan dan menggunakan data atau aplikasi dari komputer-komputer di dalam jaringan secara langsung tanpa melalui komputer server.
* Perangkat lunak jaringan terdiri dari program komputer yang bertindak sebagai protokol (pengatur) sebuah komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui proses pengiriman dan penerimaan paket-paket data, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya tabrakan dalam pengiriman paket-paket data tersebut.
* Perangkat keras jaringan terdiri dari komponen-komponen fisik yang menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan. Dua perangkat keras jaringan yang paling penting adalah media transmisi (biasanya berupa kabel fiber optik) dan adaptor jaringan (network adapter).
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Poskan Komentar

harap para penguna blogger jangan menggunakan komentar yang tidak jelas.tapi yang lebih mendukung